Nenie Afwani

Sang Komisaris di Hutan Tambang

SOSOK perempuan cerdas dan aktif ini adalah Nenie Afwani.

Nenie telah mengukir jejak karier yang mengesankan sejak awal kariernya di PT Barito Pasifik Timber Tbk.

PT Barito Pacific Tbk bergerak di industri kehutanan, petrokimia, dan properti, perkebunan, pertambangan, industri, properti, perdagangan, energi terbarukan, dan transportasi.

Mulai tahun 1990 hingga 2003, dia meniti tangga karier sebagai Kepala Kehutanan Program Divisi Pengembangan.

Setelah itu, pada periode 2003-2006, Nenie menjadi Konsultan Spesialis Kehutanan dan Lingkungan di PT Centra Multiconjaya.

Setelah bergabung pada 2006 dengan Renaissance Capital Asia, pada tahun 2007, Nenie Afwani melangkah ke Kalimantan Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk, di mana ia terus meningkatkan jam terbangnya.

Neni lalu menjabat sebagai Kepala Sumber Daya Manusia dan Penghubung Pemerintah, Nenie terlibat dalam berbagai aspek manajemen perusahaan.

Pada tahun yang sama, wanita kelahiran Ujung Pandang, 11 Maret 1967 ini menjadi Direktur Perseroan PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk.

Perusahaan ini bergerak dalam usaha pertambangan batu bara kokas yang terintegrasi. Perusahaan ini mengoperasikan tambang batu bara kokas di Indonesia.

Karir Nenie terus berkembang, dan pada tahun 2012, dia ditunjuk sebagai Komisaris perusahaan PT Bumi Resources Tbk, menandai pencapaian signifikan dalam dunia korporasi.

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) adalah salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia.

BUMI bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi batu bara, termasuk pertambangan dan penjualan batu bara, serta eksplorasi minyak.

Perusahaan ini juga mengoperasikan berbagai proyek mineral non-batubara di Indonesia, seperti tembaga, emas, seng, dan timbal.

Pada tahun 2023, BUMI meraih dua penghargaan bergengsi pada TOP GRC Awards 2023, yaitu TOP GRC Awards 2023 #4 Stars dan The Most Commited GRC Leader 2023.

Sebagai lulusan Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB University pada tahun 1990, Nenie Afwani membawa dedikasi dan pengetahuan luasnya ke dunia kerja, menciptakan dampak positif di setiap tahapan karirnya.

Nenie juga aktif di Yayasan HAE-IPB Peduli, sebuah yayasan yang bekerja sama dengan Bidang Sosial Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB (HAE).

Yayasan ini kerap mengadakan acara santunan untuk anak yatim dari keluarga alumni dan kepada yang membutuhkan, demi kemanusiaan.*

Tinggalkan Komentar