Rohidin Mersyah

Membangun "Bumi Rafflesia" Melalui Usaha dan Doa

 

S2 Manajemen Bisnis: masuk 2000 - lulus 2001.

 

S3 Pengembangan SDA: masuk 2002 - lulus 2005.

 

Berhasil di bidang akademis dan pemerintahan bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika itu dilakukan dalam waktu bersamaan. Namun lain halnya dengan Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A. Jebolan S2 dan S3 IPB University itu selalu menerapkan motto hidup, yakni ilmu, usaha, dan do’a. Dengan tiga poin itu, karirnya terus melesat.

 

Namun lain halnya dengan Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A. Jebolan S2 dan S3 IPB University itu selalu menerapkan motto hidup, yakni ilmu, usaha, dan do’a. Dengan tiga poin itu, karirnya terus melesat.

 

Saat ini (tahun 2021), pria kelahiran Gelumbang, Kota Manna, Bengkulu Selatan, 9 Januari 1970 itu sedang mengemban amanah sebagai Gubernur Bengkulu periode 2018—2021.

 

Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Bengkulu periode 2016—2017 dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan periode 2010—2015.

 

Bagi Rohidin, ilmu sangatlah penting dalam kehidupan. Karenanya ia tak pernah berhenti belajar. Semangat menuntut ilmu pun ia tularkan kepada staf-stafnya. Ia ingin pejabat publik terus memperbaharui ilmu agar bisa selaras dengan perkembangan zaman.

 

Kiprah Rohidin dalam membangun tanah kelahiran patut diacungi jempol. Usaha dan kerja kerasnya selama melayani masyarakat Bengkulu membuahkan sederet penghargaan.

 

Pada tahun ini, ia mendapat piagam penghargaan dari Kapolri sebagai Penyelenggara PPKM Mikro Terbaik 2021 tingkat Nasional.

 

Selain itu, berbagai prestasi juga ia dapatkan dari jerih payahnya membangun Provinsi Bengkulu, diantaranya; Penghargaan sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kementerian Dalam Negeri RI (2020), Penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Sangat Baik dari Menpan RB RI (2020), Penghargaan Perencanaan dan Pencapaian Tingat Provinsi Terbaik Ke II Nasional dari Bappenas RI (2020), serta masih banyak lagi penghargaan lainnya.

 

Berkat sumbangsihnya dalam membangun Provinsi Bengkulu, Rohidin masuk dalam nominasi Penghargaan Anugerah Alumni IPB University 2021 kategori Anugerah Alumni Birokrat.

 

Berbagai penghargaan yang diterima olehnya tentu saja membuat bangga IPB University sebagai almamaternya. Khusus kepada IPB University, Rohidin menaruh perhatian serius.

 

Tahun 2019 lalu, secara resmi ia membuka sekaligus memberikan kata sambutan pada Sosialisasi Program Magister dan Doktor Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL) IPB University.

 

Penulis buku “Jalan Terjal Menuju Puncak” ini pun mengharapkan Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya yang berusia di bawah 35 tahun untuk ngambil studi ini, dari pada asal mengambil sekolah. Karena yang dibutuhkan adalah cara berpikir dan itu dibentuk oleh sekolah yang berkompeten.

 

Harapan itu bukan tanpa alasan, mengingat Indonesia butuh sosok-sosok seperti Rohidin di pemerintahan yang berani mengambil langkah untuk kemajuan suatu daerah.

 

Diharapkan Rohidin terus mampu mengemban amanah rakyat dan terus melakukan inovasi demi kemajuan Bengkulu yang nantinya akan menginspirasi bagi para generasi muda penerus bangsa.(*)

Tinggalkan Komentar