Handito Joewono

Bangun Bisnis Sejak Kecil

CEO Arrbey Consulting Alumni IPB Angkatan : Lulus Tahun 1987 Jurusan/Fakultas : TIN/FATETA-S1

Direktur PT Arrbey Consulting, Handito Hadi Joewono, pria kelahiran Mojokerto, 2 oktober 1963 yang biasanya dipanggil Han ini adalah alumni jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIN) IPB yang mendapatkan gelar sarjananya pada tahun 1987, dan ia pun kembali meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi Pertanian di IPB tahun 2008.

Pengalaman bisnis pertamanya dimulai saat ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu berbisnis ayam petelur, meskipun ia harus merasakan kegagalan. Kemudian, jiwa kewirausahaannya kembali diwujudkannya saat ia kuliah S1 di IPB, ia memproduksi dan menjual materi belajar berupa salinan stensil soal ujian sebelumnya ke teman kuliahnya.

Han adalah sosok pencampuran antara konsultan intelektual, pengalaman, dan semangat bisnis. Didukung oleh nasionalisme, semangat, dan motivasi untuk bekerja keras membuatnya dapat memberikan nilai bagi banyak orang untuk klien serta bangsa ini.

Dikutip dari situs resmi PT Arrbey, Han mengatakan selama masa kuliah di IPB, dirinya banyak belajar menjadi orang Indnesia yang ‘Bhineka Tunggal Ika’. Sedangkan bisnis di Arrbey yang bergerak di bidang konsultasi bisnis dan pemasaran diperolehnya saat ia kuliah S3 nya di IPB.

Selain aktif berbisnis, Han juga aktif dalam kegiatan organisasi. Handito bergabung dalam Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai anggota, ia juga bergabung dalam Lembaga Produktivitas Nasional sebagai anggota di tahun 2005 hingga 2013, sekaligus ambil andil menjadi anggota dewan pendidikan tinggi di Kementerian Pendidikan Nasional.

Handito juga pernah menjadi sekretaris tim review RUU Perdagangan dalam organisasi terkemuka, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Ia juga sempat menjadi ketua panitia pelaksana Rakornas Perdagangan KADIN, ketua pokja pemasaran dan pemrakarsa gerakan nasional gemar produk Indonesia, dan ketua tim perumus roadmap SDM dan ketenagakerjaan. Hingga pada tahun 2010, ia dipercaya menjadi ketua tim perumus buku butir-butir pemikiran sinergi dunia usaha, pendidikan, dan pelatihan, serta menjadi ketua Panpel Eco Products International Fair. Keaktifannya di KADIN Indonesia inilah yang kemudian membawanya dipercaya untuk menjadi ketua komite tetap peningkatan penggunaan produksi dalam negeri.

Han menjadi Direktur PT. Arrbey Indonesia sejak tahun 2003. Kontribusinya di PT. Arrbey memberikan peningkatan yang signifikan. Tahun 2005 sampai sekarang ia dipercaya menjadi Chairman PT. Arrbey International. Sejak tahun 2003-sekarang alumnus IPB ini semakin meneguhkan karirnya dengan menjadi president & chief strategy consultant Arbeyy Group (bidang konsultasi strategi dan pemasaran).

Perjalanan karirnya yang panjang tentu didukung oleh berbagai kegiatan dan keaktifan yang ia lakukan. Ia juga pernah menapakkan jejak karirnya menjadi chairman PT. Branding Indonesia pada tahun 2009, yang sebelumnnya menjadi presiden di PT. Branding Indonesia tahun 2007-2009.

Tinggalkan Komentar