Silaturahmi Jadi Kunci Raih Kesuksesan
S1 : Sosial Ekonomi Perikanan, FPIK, Angkatan 32
S2 : Magister Manajemen Agribisnis (MMA), Sekolah Bisnis IPB, Angkatan Eksekutif 21
Dalam dunia usaha, melewati proses panjang untuk mencapai kesuksesan adalah hal yang sangat wajar. Karena meraih sukses bukanlah sesuatu yang mudah, melainkan butuh semangat pantang menyerah serta konsistensi dalam melakukan berbagai inovasi.
Hal itu lah yang dirasakan oleh Frida Nursanti dalam membangun sebuah bisnis. Perempuan kelahiran Bandung 26 Maret 1977 ini merupakan fashion designer dan juga pemilik dari brand Frida Aulia Indonesia.
Jauh sebelum sukses seperti sekarang, Teh Ida, sapaan akrabnya, tidak pernah berpikir bisa menjadi fashion designer. Ia memulai usaha di bidang fashion dengan menjadi supplier utk banyak reseller hijab.
“Saya memulai bisnis fashion berawal dari menjadi supplier utk banyak reseller hijab. Saya tidak menggunakan model khusus untuk mempromosikan produk. Namun, untuk menarik minat konsumen, saya memakai sendiri produk-produk tersebut,†tutur Teh Ida.
Dari sanalah bisnis fashion-nya berkembang. Jumlah konsumennya terus bertambah dari hanya teman terdekat hingga selebriti Indonesia. Bahkan, ia sudah memiliki konsumen di pasar global.
Alumni IPB University ini juga memberanikan diri untuk merencanakan fashion show di bawah nama Frida Aulia Indonesia. Ia menuturkan, kiat-kiat memiliki bisnis fashion yang pertama adalah memiliki ciri khas dan identitas. Sehingga dapat bersaing dengan merek lain dan produk online.
Pelaku usaha harus fokus terhadap usaha yang dipilih serta selalu optimistis.
Menurutnya, produk yang ia miliki berciri khas simple, elegan, dan dengan bahan dasar batik. Batik yang didesainnya berkaitan dengan Kota Bogor dan pengalaman hidupnya.
Meski tak memiliki latar belakang dunia fashion, Teh Ida gemar memadupadankan pakaian dan suka menggambar, hingga ia pun sukses mengelola bisnisnya ini.
Produk-produk yang dihasilkan berbeda dengan yang lain, karena bahan yang digunakan dan model semua dikerjakan sendiri.
Tak hanya pasal lokal, melalui unit usaha Frida Aulia Indonesia, ia pun beberapa kali mengikuti pameran atau bazar di luar negeri, diantaranya adalah di Moskow tahun 2017 2018 2019, Mumbai 2017, Brunei Darusalam 2020 dan Turki Desember 2021. Suatu pengalaman yang sangat menakjubkan bagi kisah Teh Ida.
Berbagai prestasi dan penghargaan pun berhasil ia torehkan, diantaranya adalah: Fashion Show & Fashion Display (2017-2021), Discovery Indonesia Fashion Show KJRI Istanbul Turki 2021, Festival Indonesia-Moscow Rusia (2017-2019), Mumbai Expo (2017), Remarkable Indonesian Brunei Darussalam 2019 dan 2020 dan The Best Mentoring Group Mentoring Leader DPP HA IPB (2021).
Berkat kerja kerasnya memajukan fashion dalam negeri yang berhasil menembus pasar global, Teh Ida masuk dalam nominasi Anugerah Alumni IPB University 2021 kategori Pengusaha.
Bagi Teh Ida, kunci kesuksesan dalam menjalani bisnis adalah dengan bersilaturahmi, karena dengan terus bersilaturahmi, maka dirinya memiliki jaringan yang kuat untuk memasarkan apa yang dijualnya.
Selain memiliki kepribadian yang anggun dan suka berbuat kebaikan, ia juga dikenal sebagai sosok pengusaha perempuan yang pantang menyerah dan menjadikan jaringan sebagai kunci suksesnya.
Berkat unit bisnisnya, Teh Ida sangat berdedikasi tinggi dalam memajukan perekonomian, khususnya UMKM di Indonesia.(*)